Hansson ECB mengatakan program QE dapat berakhir setelah September


Anggota Dewan Pemerintahan ECB Ardo Hansson mengatakan bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan merevisi pedoman kebijakannya sebelum musim panas dan seharusnya tidak memiliki masalah untuk keluar dari program pembelian aset dalam sekali proses setelah September. 

Meski pandangan Hansson terhadap sikap kebijakan ECB saat ini cukup sesuai, ia menyanggah dalam wawancaranya dengan Boersen-Zeitung bahwa ada kebutuhan untuk melakukan perubahan pada cara komunikasi bank sentral. Ia mengayakan bahwa ada alasan-alasan bagus untuk mengabaikan pentingnya pembelian aset dalam pedoman kebijakan ECB dengan menambahkan sebuah pandangan untuk potensi keluar dari program pelonggaran kuantitatif. Ia mengatakan bahwa jika pertumbuhan dan inflasi terus bergerak maju sesuai dengan prediksi terbaru ECB, maka akan menjadi 'sangat mungkin terjadi dan tepat'untuk menghentikan pembelian setelah September. 

Ia menambahkan bahwa menetapkan pembelian menjadi nol dalam satu gerakan seharusnya tidak menjadi masalah dan tidak membutuhkan banyak perubahan. Dengan menyatakan kekhawatiran bahwa ECB dapat tertinggal di balik kurva dalam melonggarkan stimulus keuangan seiring dengan pemulihan zona euro, ia mendesak kecenderungan untuk keluar dari program QE dengan 'tepat waktu dan bertahap'. Euro melanjutkan kenaikan setelah rilis komentar dari Hansson, mencapai $1,2293 dan diperdagangkan 0,5 persen lebih tinggi per hari di Frankfurt. Yield pada obligasi bund Jerman 10 tahun acuan naik 0,1 poin ke 0,59 persen.

Kategori : Fundamental