Keyakinan Konsumen AS Kembali Melambung, Harga Rumah Naik


Keyakinan konsumen bangkit kembali pada bulan Mei, tetapi rumah tangga agak pesimis mengenai prospek pendapatan jangka pendek mereka bahkan saat mereka mengharapkan pertumbuhan pekerjaan yang kuat untuk bertahan, yang dapat menahan belanja konsumen. 

Conference Board mengatakan indeks keyakinan konsumen meningkat 2,4 poin menjadi pembacaan 128,0 bulan ini dari 125,6 yang direvisi ke bawah pada bulan April. Indeks sebelumnya diposting pada angka 128,7 pada bulan April. 

Pasar keuangan AS sedikit tergerak oleh data di tengah krisis politik yang mendalam di Italia. Dolar naik ke level tertinggi 10 bulan terhadap euro, sementara imbal hasil Treasury AS turun. Saham di Wall Street jatuh, dengan S & P 500 dan Dow Jones Industrial Average mencapai di dekat posisi terendah selama tiga minggu. 

Perbedaan yang disebut pasar tenaga kerja Conference Board, berasal dari data pada pandangan responden tentang apakah lapangan pekerjaan berlimpah atau sulit diperoleh, naik menjadi 26,6 pada bulan Mei, pembacaan terbaik sejak Mei 2001, dari 22,7 pada bulan April. 

Indeks yang berkorelasi erat dengan tingkat pengangguran dalam laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja, menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus menyusut. 

Namun, konsumen kurang optimis tentang prospek pendapatan jangka pendek mereka. Jumlah konsumen yang mengharapkan peningkatan pendapatan mereka turun menjadi 21,3 persen pada Mei dari 21,8 persen pada April. Jumlah konsumen yang mengharapkan penurunan pendapatan naik menjadi 8,2 persen pada Mei dari 7,9 persen di bulan sebelumnya. 

Sebuah laporan terpisah menunjukkan indeks komposit S & P CoreLogic Case-Shiller untuk harga rumah di 20 wilayah metropolitan naik 0,5 persen pada Maret setelah naik 0,8 persen pada Februari. Harga rumah naik 6,8 persen dalam 12 bulan hingga Maret setelah naik dengan margin yang sama di bulan Februari. 

Kenaikan kuat indeks bertentangan dengan data baru-baru ini yang mengisyaratkan penurunan harga rumah. Federal Housing Finance Agency melaporkan pekan lalu bahwa harga rumah sedikit lebih tinggi sebesar 0,1 persen pada Maret dari Februari.
 

Kategori : Fundamental