Market Movers: Ketegangan Hubungan AS-China Mereda, Dollar Cenderung Terkoreksi


Market Movers: Ketegangan Hubungan AS-China Mereda, Dollar Cenderung Terkoreksi

Pada akhir pekan lalu, permintaan akan dollar (yang sedang dianggap sebagai safe haven) meningkat karena antisipasi investor terhadap hasil pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping. Hari ini, kabar baik datang setelah Gedung Putih mengatakan bahwa kebijakan tarif impor tambahan dari Trump kepada China akan dibatalkan.

Trump dan Xi sepakat untuk terus bernegosiasi terkait hubungan dagang mereka yang sempat memanas. Pihak Gedung Putih mengatakan hal ini masih akan diupayakan selama 90 hari ke depan.

Hal ini membuat kekuatan dollar cenderung melemah di awal perdagangan pekan ini dan tampaknya berpotensi dimanfaatkan untuk penguatan harga emas dan mata uang utama lainnya. Rilis data indeks manufaktur AS pukul 22.00 WIB akan menguji kekuatan dollar selanjutnya.

EURUSD
Memanfaatkan terkoreksinya kekuatan dollar, EURUSD dibuka gap up di 1.1348. Jika sentimen pelemahan dollar berlanjut, EURUSD berpeluang menguat menguji resisten 1.1360 sebelum mengincar 1.1390. Support terdekat di 1.1310.

Kategori : Fundamental