Sentimen investor Zona Euro turun di Desember


Sentimen investor di zona euro turun di Desember dari level tertinggi dalam satu dekade, menurut serangkaian poling yang dirilis bulan ini. 
Menurut Sentix, indeks tersebut turun ke 31,1 di Desember dari 34 di bulan sebelumnya.
Kelompok penelitian tersebut mencatat bahwa penurunan sentimen tidak perlu dikhawatirkan karena angka indeks headline naik signifikan dan mencapai level tertinggi dalam 10 tahun di November. Sentix menghubungkan penurunan tersebut dengan sub indeks yang mengukur ekspektasi mengenai ekonomi yang turun 6 poin. 
Namun, data tersebut menunjukkan bahwa para money manager kemungkinan akan menahan diri untuk menilai kondisi hingga akhir tahun. 
Sebuah indeks terpisah yang mengikuti perkembangan di Jerman juga turun. Sentix menghubungkan penurunan tersebut dengan ketidakpastian yang diciptakan oleh kegagalan Kanselir dari partai Konservatif Angela Merkel di November untuk membentuk sebuah pemerintah dengan para ahli ekologi dan pendukung usaha. 
Merkel beralih ke partai Social Democrats (SPD) dengan harapan untuk memperbarui "koalisi besar." 
Firma penelitian yang berpusat di Frankfurt tersebut mengatakan investor saat ini ingin mengetahui seberapa besar biaya untuk menyamakan kedudukan dengan SPD, yang ingin meningkatkan investasi pada infrastruktur dan pendidikan secara signifikan, memperluas jaring keamanan sosial dan meningkatkan hak pekerja. 
Tahun ini merupakan tahun dengan perkembangan yang kuat untuk zona euro, dengan banyak negara anggotanya, seperti Jerman, yang meningkatkan kinerjanya hingga maksimal terlepas dari potensi serangkaian tantangan politik di sepanjang blok tersebut. Laporan Sentix ini menyurvei lebih dari 4000 investor di awal tiap bulan. Beberapa poling lainnya terkait sentimen investor akan dirilis sepanjang bulan ini, termasuk indikator Zew dan Ifo yang dinanti-nanti.

Kategori : Fundamental